Tacits – Imun atau daya tahan tubuh yang kuat berperan penting dalam menjaga kesehatan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Anda perlu mengetahui rahasia memperkuat imun agar tidak mudah terserang penyakit, terutama covid-19.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang kuat langsung melindungi tubuh sejak virus atau bakteri menyerang. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangatlah penting agar bisa mencegah Anda dari jatuh sakit.

Selain pandemi, cuaca yang tidak menentu juga bisa menyebabkan Anda mudah terserang oleh penyakit. Biasanya penyakit yang paling banyak menyerang tubuh adalah batuk, filek, demam dan pusing-pusing.

Jadi, apa saja rahasia agar sistem imun meningkat dan terhindar dari penyakit?

Olahraga teratur

Salah satu faktor penting yang bisa meningkatkan sistem imun adalah olahraga. Bahkan seorang profesor bernama David Nieman dari Appalachian State University menghabiskan waktunya untuk menguji efek olahraga terhadap sistem imun.

Hasil penelitiannya menyatakan bahwa 30 menit jalan cepat dapat membuat sirkulasi sel pembunuh patogen alami meningkat. Ketika sel-sel kekebalan tersebut menghadapi patogen penyebab penyakit, maka akan membunuhnya secara efektif.

Olahraga ringan selama 30-60 menit per hari memberikan efek yang luar biasa. Fungsi kekebalan tubuh bisa lebih optimal terjaga dan meningkat, olahraga yang dimaksud bisa seperti jalan cepat, lari dan bersepeda.

Pola hidup sehat

Rahasia memperkuat imun yang kedua yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai saat ini sebaiknya tidak menganggap remeh untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Rutin mengkonsumsi buah dan sayur lebih disarankan karena mengandung vitamin dan nutrisi alami. Buah dan sayuran bisa dengan mudah Anda peroleh di Pasar atau Supermarket setiap harinya.

Kemudian istirahat yang cukup untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai usia Anda. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari sedangkan remaja membutuh waktu sekitar 9-10 jam.

Pola hidup yang sehat berarti menghindari juga konsumsi rokok dan alkohol karena merupakan musuh dari sistem imun tubuh. Perokok dan pecandu alkohol memiliki resiko yang besar terkena infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia.

Minum air putih

Tubuh akan mendapat banyak masalah kesehatan ketika kekurangan cairan, untuk itu perlu minum air putih dengan cukup sebagai rahasia memperkuat imun. Masalah yang terjadi bisa berupa kulit kering dan kusam, sulit berkonsentrasi hingga sistem imun menjadi jelek.

Ketika terhidrasi dengan baik, metabolisme dapat berjalan lancar sehingga fungsi sistem dan kekebalan tubuh meningkat. Setidaknya sumber hidrasi bisa berasal dari air putih, kemudian ditambah dari kandungan air pada buah dan sayuran.

Kebutuhan air untuk tubuh per hari sekitar 8 gelas atau setara dengan dua liter. Yang pasti, setiap kali Anda merasa haus maka sebaiknya segera minum air putih.

Tubuh yang kekurangan air juga akan mempengaruhi sel-sel dalam tubuh kesulitan untuk melakukan kerjanya. Bahkan energi Anda akan terkuras lebih besar sehingga mudah lelah.

Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari bisa membuat Anda memiliki sistem imun yang lebih kuat dan membuat tubuh lebih segar. Sinar matahari juga merupakan salah satu sumber vitamin D alami untuk makhluk hidup, termasuk manusia.

Untuk penyerapan yang lebih baik, Anda bisa membiasakan berjemur matahari di pagi hari di atas pukul 9. Untuk durasi berjemurnya kurang lebih antara 5-15 menit setiap harinya.

Rahasia memperkuat imun ini sangat simpel namun tak banyak orang tahu, terutama tak banyak orang yang melakukannya secara rutin.

Write A Comment